Manfaat Aktivitas Mewarnai bagi Tumbuh Kembang Anak

Salah satu hal terpenting  yang menjadi fokus utama orang tua adalah tentang pencapaian tumbuh kembang ananda. Terutama di fase kelahiran hingga usia prasekolah. Berbagai cara pasti akan dilakukan untuk mendapatkan hasil tumbuh kembang yang optimal bagi buah hati.

Nah, kabar baiknya banyak sekali aktivitas bermain menyenangkan yang bisa kita adaptasi sebagai sarana untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan ananda di rumah. Salah satunya adalah aktivitas mewarnai.


Tahukah Kawran, selain mengasyikkan, ternyata aktivitas mewarnai mempunyai begitu banyak manfaat bagi ananda, loh. Simak yuk, di sini!

1. Menstimulasi motorik halus

Dalam prosesnya, aktivitas mewarnai tentu melibatkan otot jemari ketika memegang krayon atau pensil warna. Semakin sering otot tersebut dilatih, maka akan semakin lentur. Sehingga, anak yang terbiasa mewarnai akan memiliki otot jemari yang lebih kuat dan fleksibel.
Kekuatan otot jemari tersebut, kelak akan berpengaruh pada kekuatan genggaman saat menulis. Genggaman yang kuat dan tepat, akan menghasilkan goresan tulisan tangan yang lebih rapi dan tidak mudah capek. Sehingga nantinya, anak tidak lagi mengeluh capek saat menulis.

2. Melatih kreativitas dan imajinasi anak

Dalam prosesnya, aktivitas mewarnai akan melibatkan kreativitas dan daya imajinasi anak. Bagaimana mereka memilih warna yang tepat, menggunakan teknik mewarnai yang baik untuk menghasilkan goresan warna yang baik, hingga menghasilkan karya seni orisinil dan otentik dengan imajinasinya yang tak terbatas.

3. Mengenal bentuk dan warna

Selama proses mewarnai, ananda secara tidak langsung akan lebih mengenal beragam warna. Tidak saja warna warna premier yang biasa digunakan, tetapi mereka akan bisa mengenal spektrum warna yang lebih luas lagi. Dengan teknis pencampuran warna, misalnya. Bagaimana mereka akan menemukan warna baru dengan mencampurkan dua atau lebih warna.

Dari gambar yang mereka warnai, ananda juga akan secara tak langsung mengenal beragam bentuk. Misalnya lingkaran untuk matahari, segitiga untuk gunung, dan lain-lain.  Dari proses mewarnai, mereka akan memiliki wawasan ragam bentuk yang lebih kaya.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Anak yang berhasil menyelesaikan lembar kerjanya, tentu akan  merasa bangga dengan hasil karyanya. Keberhasilan menyelesaikan lembar kerja tersebut, akan mendorong anak untuk lebih percaya diri. Bahwa mereka bisa dan mampu menghasilkan sebuah karya seni yang baik.


5. Mengurangi stres

Aktivitas mewarnai merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Ananda mempunyai kebebasan untuk mengekspresikan dirinya lewat warna warni yang mereka torehkan. Mewarnai juga merupakan aktivitas yang bisa melemaskan ketegangan otot, sehingga ananda bisa lebih rileks dalam prosesnya.

6. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Saat menorehkan warna pada gambar, mereka berlatih mengoordinasikan gerakan tangan dan mata.

Ananda yang memiliki koordinasi tangan dan mata yang baik, kelak akan memiliki keterampilan yang baik dalam melakukan beragam aktivitas keseharian. Misalnya saat memakai pakaian sendiri, makan dan minum, olah raga, menulis dan sebagainya.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mengajak ananda melakukan aktivitas mewarnai? Atau justru Parents sudah rutin melakukannya bersama ananda di rumah?


Penulis: Lia Anelia (IP Cirebon Raya)

Post a Comment for "Manfaat Aktivitas Mewarnai bagi Tumbuh Kembang Anak"