Sajian Manis di Hari Kemerdekaan

Hari kemerdekaan identik dengan perayaan. Bukan hanya ornamen, perayaan tentu akan terasa lebih spesial dengan sajian bertema sesuai, termasuk kudapan. Cake bernuansa merah putih berikut bisa menjadi alternatif untuk menambah kemeriahan perayaan kemerdekaan Indonesia di rumah atau lingkungan Kawran.  

Cake spesial untuk hari spesial (foto: dok. pribadi)

Kabar baiknya, kita bisa membuatnya sendiri di rumah, lo. Yuk, simak resepnya!

Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Bahan untuk membuat red velvet cake kukus ini tertera pada gambar di bawah. 



Selanjutnya, siapkan wadah. Masukkan gula pasir, telur, dan SP. Aduk hingga tercampur rata. 

Tambahkan susu cair. Aduk dengan kecepatan paling tinggi secara bertahap kurang lebih 7-10 menit hingga adonan putih, kental, dan berjejak. Matikan mixer.

Masukkan adonan kering (tepung terigu dan cokelat bubuk). Pastikan adonan kering sudah diayak terlebih dahulu agar adonan tidak berbutir. Aduk dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. 

Masukkan minyak goreng dan pasta red velvet. Aduk rata dengan spatula dengan teknik aduk balik supaya tidak ada endapan minyak di dasar wadah. Tambahkan pewarna merah untuk menghasilkan warna lebih cantik. Sisihkan.  

Panaskan kukusan hingga air mendidih. Tuang adonan ke dalam loyang berukuran 20x20x7 cm yang sudah diolesi minyak dan dilapisi baking paper. Hentakkan adonan untuk menghilangkan udara. Kukus dengan api sedang selama 35-45 menit. 

Setelah matang, keluarkan adonan dari loyang. Biarkan sampai agak dingin lalu potong jadi empat bagian sama besar. Hias kue sesuai selera. 

Supaya lebih seru, kita bisa mengajak kiddos untuk berlomba menghias kue. 

Gimana, mudah bukan? 



Penulis: Lia Anelia (IP Cirebon Raya)



Post a Comment for "Sajian Manis di Hari Kemerdekaan"