Bersiap Merdeka Belajar bersama Kampung Bakat 4

Kawran pada nungguin Kampung Bakat alias Kaba enggak nih? Wah, apa ada yang belum kenal Kaba Ibu Profesional? Sini-sini, ayo kita merapat ke dermaga untuk berbagi cerita.

Kaba adalah sebuah program Kampung Komunitas Ibu Profesional (Kakom IP) yang selalu dinantikan setiap tahunnya. Di sini warga (sebutan untuk member komponen Kampung Komunitas IP) bisa belajar tentang bidang atau passion yang mereka sukai atau ingin dalami. Nah, uniknya adalah para Shiper (sebutan untuk pembelajar di Kaba IP) benar-benar diajak menyelami ilmu lewat gamifikasi pelayaran.

Foto: Kampung Bakat


Tahun ini adalah tahun keempat Kaba IP diselenggarakan. Rekrutmen Ayunda Guru juga sudah dimulai. Ayunda adalah sebutan untuk para pengampu di Kaba IP.

Kawran sudah daftar belum, nih, sebagai Ayunda?

Menilik sejarah, Kaba IP ada untuk menjadi wadah belajar sesuai passion yang belum bisa difasilitasi oleh rumah belajar (rumbel) regional. Jadi, para warga tetap bisa mengembangkan passion yang dimiliki meskipun di regionalnya tidak ada rumbel yang sesuai. 

Tujuan dari Kampung Bakat IP ini selain sebagai wadah rumbel skala nasional, juga untuk mencari ide segar bagi rumbel baru di regionalnya dan menggali bakat-bakat yang terpendam pada warga Kakom IP. 

Kaba IP sejalan dengan "Merdeka Belajar" yang digaungkan oleh pemerintah karena warga Kakom IP sangat bebas belajar sesuai passion pilihannya. Warga juga bisa menghasilkan karya walau tetap berada di rumah, bahkan jika ditekuni, bisa menghasilkan pendapatan yang membantu perekonomian keluarga.

Tahun ini Kaba IP membuka 19 kabin atau pilihan passion—sama seperti tahun lalusebagai berikut:
  1. Cooking
  2. Baking
  3. Fotografi
  4. Videografi
  5. Design
  6. Broadcasting
  7. Macrame
  8. Merajut
  9. Menjahit
  10. Digital Marketing
  11. Healthy Life
  12. DIY Mainan Anak
  13. Public Speaking
  14. Zerowaste
  15. Kecantikan
  16. Berkebun
  17. Ilustrasi
  18. Blogging
  19. Family Financial Planning
Dengan adanya Kaba IP diharapkan regional-regional dengan jumlah anggota terbatas tetap bisa menyelenggarakan playground yang dibutuhkan oleh warganya. Penyelenggaraan Kaba IP tidak terbatas pada jumlah pembelajar dan tidak terkendala jarak—semua dilakukan secara virtual.

Kaba IP batch 1–3 sudah menghasilkan berbagai produk, mulai dari e-book hingga tayangan di YouTube dan siniar. Kawran bisa mendapatkan informasi tentang produk Kaba IP selengkapnya di akun Instagram Kampung Bakat

Jadi, untuk Kawran yang sudah menjadi warga Kakom IP dan ingin mengembangkan minat, tetapi di regional tidak ada rumbel yang pas, yuk siapkan diri untuk menjadi bagian dari Kaba IP batch 4! Pokoknya rugi banget, deh, kalau sampai terlewat. Kawran harus menunggu satu tahun lagi karena Kaba dibuka setahun sekali saja.    

Ajak juga teman-teman di regional masing-masing, ya!



Penulis: Shela Ratri Utami (IP Salatiga)



Post a Comment for "Bersiap Merdeka Belajar bersama Kampung Bakat 4"