MPLS 2024 Salah Satu SD dan KB di Surabaya

Bulan Juli ini anak-anak saya mulai masuk sekolah. Si sulung masuk kelas 1 SD dan adiknya masuk Kelompok Bermain (KB). Anak-anak harus diajak bersiap untuk bangun pagi, terutama si sulung, agak berat karena sebelumnya jam masuk TK pukul 07.30 WIB. Sekarang pukul 06.45 WIB harus sudah sampai di sekolah walaupun masih Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Adiknya masuk pukul 07.30, bisa diantar neneknya karena lokasi sekolah tidak jauh dari rumah, karena saya bekerja di kantor.

Bukan saja anak-anak yang harus berlatih bangun lebih pagi, karena saya pun harus bangun pagi-pagi untuk mempersiapkan bekal anak-anak, saya sendiri, dan suami, termasuk makanan untuk di rumah. Harus belajar memasak dan bersiap lebih cepat dari biasanya.

Si Sulung saya antar ke sekolah sekalian berangkat kerja. Saya yang biasanya berangkat ke kantor pukul 06.30 WIB sekarang harus menyesuaikan jadwal berangkat si sulung, pukul 06.00 WIB. Jika kesiangan sedikit saja, jalanan di Surabaya sudah macet. 

Sedangkan Si Bungsu sempat menangis di hari pertama MPLS karena baru mengenal lingkungan baru. Setelah seminggu MPLS anak ke duaku masih berusaha untuk akrab dengan teman-teman yang baru. Alhamdulillah setelah mengikuti rangkaian MPLS sudah berani mengikuti kegiatan di KB dengan gembira dan sudah mulai hafal nama gurunya serta teman-temannya. Kelas KB masuk tiga hari dalam seminggu.

Hari pertama MPLS masuk SD Islam di Surabaya bagi Si Sulung membawa perubahan yang berarti. Perubahan jam masuk sekolah, lingkungan yang baru, teman-teman baru, guru-guru baru, pelajaran yang lebih banyak, belajar berinteraksi dengan sekeliling, dan adanya PR (pekerjaan rumah). Selain itu si sekolah Si Sulung diajari salat Dhuha dan salat lima waktu, karena di area lingkungan sekolah terdapat masjid. 

Kami sebagai orang tua berusaha untuk memberikan pengarahan dan nasihat serta semangat untuk anak-anak. Sekarang sudah mulai bisa beradaptasi dengan kegiatan di sekolahnya. Semoga anak-anak bisa lancar belajar di tempat dan suasana yang baru serta diberi kesehatan dan keberanian. Aamiin.

Suasana di kelas KB si bungsu


Si sulung dan teman-temannya di kelas 1



Penulis: MopitArt (IP Surabaya Madura)

Post a Comment for "MPLS 2024 Salah Satu SD dan KB di Surabaya"