Ajak Anak Mengikuti Jelajah Cita-Cita 2024

Apa cita-citamu?

Kalimat ini sering kita tanyakan kepada anak-anak usia dini hingga sekolah dasar. Jawabannya akan menggambarkan keinginan sang anak akan masa depannya—karier ketika dewasa nanti yang merupakan target jangka panjang. Semakin banyak informasi yang didapatkan dan pengalaman yang dimiliki, semakin luas pula kemungkinan cita-citanya. 

Orang tua berperan penting dalam memperkenalkan ragam profesi kepada anak-anaknya. Mulai dari profesi yang ada sekarang hingga yang diprediksi akan berkembang di masa depan. Dengan begitu, anak-anak mempunyai wawasan yang kaya terkait ragam profesi. 



Jelajah Cita-cita (JCC) merupakan persembahan dari Ibu Profesional (IP) untuk seluruh anak Indonesia, baik yang berada di Indonesia maupun yang berdomisili di luar negeri. Bertemakan Wujudkan Cita untuk semua, pada acara JCC 2024 ini anak-anak tidak hanya mengenal ragam profesi, tetapi juga sisi inklusif dari segi profesi tersebut secara digital dan nondigital. Mereka disuguhkan petualangan seru melalui praktik profesi secara langsung dan bisa berkenalan dengan petualang cilik lainnya.

JCC 2024 hadir secara daring dan luring. Pelaksanaan secara daring berlangsung tiap hujung minggu dari 28 Juni sampai 9 Agustus. Kegiatan dimulai dengan memperkenalkan bintang dan menemukannya pada diri masing-masing—mewujudkan mimpi-mimpi masa depan dengan gambaran di masa kini yang dilaksanakan oleh empat regional yaitu Ibu Profesional NNP (NTB, NTT, Papua), Depok, Sidomojo (Sidoarjo, Mojokerto), dan Kalsel.

Anak-anak mendapatkan pengalaman tak terlupakan, mengenal berbagai profesi dan saling berinteraksi sesama peserta dari berbagai domisili, dalam dan luar negeri/ diaspora. Mereka bertukar pengalaman dengan sahabat pena, menambah pengetahuan dan wawasan, termasuk tentang kebudayaan Indonesia.

Untuk Jelajah Cita-Cita luring, anak-anak akan merasakan keseruan langsung, bertemu para talent yang dilaksanakan serentak pada 28 Juli 2024 di 32 regional Ibu Profesional yang berada di Indonesia, yaitu:
  • Pulau Sumatera: Ibu Profesional Medan (Sumatera Utara), Padang, Payakumbuh-LK, Pekanbaru, Palembang, dan Lampung.
  • Ibu Profesional Banten 
  • Ibu Profesional Jakarta
  • Jawa Barat: Ibu Profesional Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Bandung, Tasikmalaya, Cianjur, Bogor, Cirebon Raya, Karawang, dan Bekasi.
  • Jawa Tengah: Ibu Profesional Jepara, Salatiga, Yogyakarta, Semarang, dan Banyumas Raya
  • Jawa Timur: Ibu Profesional Kediri Raya, Malang Raya, Surabaya-Madura, Jember, Pacitan Raya, dan Jombang
  • Pulau Kalimantan: Ibu Profesional Kalimantan Barat dan Samkabar
  • Pulau Sulawesi: Ibu Profesional Sulawesi dan Kota Baubau, Sulawesi Tengah.

Jelajah Cita-Cita 2024 ini dapat diikuti tidak hanya oleh anak-anak member Ibu Profesional saja, tetapi terbuka juga untuk masyarakat umum. Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan JCC 2024 dapat dilihat dari ludesnya penjualan tiket di beberapa regional dalam beberapa hari sejak dibukanya pendaftaran peserta.

Yuk, rasakan bersama keseruan JCC 2024 di kotamu. Amankan tiketnya dan dampingi anak-anak kita dalam menemukan bintang-bintangnya untuk menggapai mimpi-mimpi, mewujudkan cita-cita.

#ibuprofesional
#jelajahcita-cita2024
#sinergiwujudkanaksi
#IP4ID2024



Penulis: Rifina Arlin (IP Sumatra Utara)

Post a Comment for "Ajak Anak Mengikuti Jelajah Cita-Cita 2024"